Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Makna Wira Waskita




Written By satpomlanudwir on Selasa, 10 Juni 2014 | Selasa, Juni 10, 2014

Semboyan Pomau “Wira Waskita" yang berarti ksatria yang selalu tanggap, trampil dan waspada, bukan hanya sekedar slogan, tetapi merupakan suatu tekad atau janji prajurit Polisi Militer Angkatan Udara untuk menjawab setiap tantangan tugas yang selalu berkembang.

Apabila dilihat dari sejarahnya, POMAU lahir seiring dengan kelahiran TNI Angkatan Udara, yaitu beberapa saat setelah Jawatan penerbangan resmi menjadi Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara tanggal 9 April 1946. Untuk menjamin kelangsungan organisasi tersebut, diperlukan suatu unit yang dapat mnyelesaikan tugas-tugas kehakiman, dactiloscopy dan kepolisian. Atas dasar itu, pada tanggal 1 Nopember 1946, dibentuk sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama “Sekolah Polisi Angkatan Udara Darurat di Pangkalan Udara Maguwo,Yogyakarta. Tanggal 1 November itu, selanjutnya dijadikan sebagai hari lahirnya Korps Polisi Militer Angkatan Udara, yang setiap tahunnya diperingati.





Keberadaan Polisi Militer Angkatan Udara, mengalami pasang surut, yang disesuaikan dengan tuntutan pada eranya. Untuk beberapa saat, karena faktor kebutuhan, POMAU berubah fungsi menjadi Provost Angkatan Udara. Atas pertimbangan organisasi, kini kembali namanya menjadi Polisi Militer TNI Angkatan Udara yang berada di garda terdepan dalam penegakkan disiplin dan penegakan hukum di lingkungan TNI Angkatan Udara.



Pada era saat ini POMAU patut berbangga, karena kini telah mampu mengembangkan diri lebih dari cita-cita awal dibentuknya Kepolisian Angkatan Udara. Kalau sebelumnya hanya memfokuskan tugas-tugas dibidang kehakiman, dactiloscopy dan kepolisian semata, maka pada usia yang ke-60 ini, Pomau dengan organisasi yang lebih mantap telah menjadi Institusi Mandiri selaku penyidik dan penegak hukum di lingkungan Angkatan Udara.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar