Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Satpom Lanud Wiriadinata melaksanakan Latihan Crash Team




Written By satpomlanudwir on Kamis, 10 Januari 2013 | Kamis, Januari 10, 2013

Pukul 14.45 tanggal 10 Desember 2012 pesawat mendarat darurat dengan berbelok ke kanan disisi kanan Run Way disertai terbakarnya engine sebelah kanan. Time RescueLanud Wiriadinata dengan segera bergerak untuk memadamkan api yang berkobar. Dalam waktu yang bersamaan ambulan segera datang dan menolong korban yang luka-luka dan membawa korban ke rumah sakit terdekat, pomau segera mengamankan wilayah crash landing dan melakukan identifikasi.



Dalam kecelakaan pesawat tersebut seluruh penumpang yang berjumlah 5 (lima) orang dinyatakan selamat, empat orang mengalami luka berat dan satu orang luka ringan. Dari hasil identifikasi dilapangan dari kelima penumpang tersebut terdiri dari pilot dan co pilot serta tiga pasukan TNI AU.

Demikian Skenario latihan crash team di Lanud Wiriadinata, Latihan ini merupakan salah satu kegiatan latihan, dari 4 (empat) kegiatan latihan dalam satu rangkaian yang digelar di Lanud Wiriadinata yakni, latihan pengamanan obyek vital nasional, latihan pertahanan pangkalan, crash team dan latihan menembak.

Latihan yang berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 10 sampai dengan 12 Desember ini dibuka oleh Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Indan Gilang B, S.Sos, di lapangan upacara Lanud Wiriadinata, Senin (10/12). Kegiatan latihan ini merupakan pelaksanaan program kerja Lanud Wiriadinata Bidang Operasi dan latihan, TA. 2012.

Sementara itu dalam latihan pengamanan obyek vital nasional, pertahanan pangkalan dan menembak disimulasikan bahwa pasukan Lanud Wiriadinata berhasil mengamankan Lanud dan obyek vital nasional dari golongan ekstrim, sedangkan wilayah Base Ops yang sebelumnya dikuasai musuh berhasil direbut kembali, musuh yang berhasil lolos dan melarikan diri ke gunung kialir selanjutnya diadakan pengejaran dan penyergapan.

Menurut Kepala Dinas Operasi Lanud Wiriadinata Mayor Lek Aang Sukmaya selaku Direktur Latihan mengatakan, maksud diadakan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan individu prajurit dan satuan, dalam upaya untuk menjaga keamanan obyek vital nasional, pertahanan Pangkalan, penanggulangan kedaruratan dalam Operasi Penerbangan serta keterampilan menembak prajurit Lanud Wiriadinata, katanya.

Dalam latihan ini melibatkan 1 (satu) Kompi pasukan cadangan Lanud Wiriadinata, satu regu Satpam PT. Dahana, 1 (satu) regu Satpam PT. DI, Staf Pelaksana dan pelaku serta kelompok pendukung latihan.

0 komentar:

Posting Komentar